Bubur & Roti Montor


Pagi ini ayah saya dilarikan ke rumah sakit. Kata ibu saya, dia diopname karena tekanan darahnya 170. Gejala: tangannya geringgingen (kesemutan).

Sorenya saya telpon untuk mengetahui perkembangannya. Ketika saya telpon, lho kok dia ketawa-ketawa… becanda nih opname-nya? Nggak. Sore itu tekanannya sudah kembali normal, sistole (atau diastole ya?) alias upper bound-nya 130 (satuannya apa ya? mm-Hg?). Jadi, sore itu makanya dia udah bisa ngguyu-ngguyu.

Saya tanya kenapa kok tekanannya bisa sampai 170. Kepikiran apa? Stress? atau karena … makanan? Nah, ayah-ibu saya rebutan njawab: panganan panganan! … Oalah … Sore itu juga adik saya menelpon. Dia bilang “Mama ngasih sate kambing ke papa. Makanya, tekanan langsung nglonjak”.

Karena sudah mendingan, saya bilang ke ayah saya:

Ben tambah normal, cepet waras, kudu tuku bubur kacang ijo karo roti montor!

Ayah saya ngakak … Kacang ijo + roti montor ini punya sejarah. Begini: ketika kecil, dua makanan itu adalah makanan mewah bagi keluarganya yang miskin. Karena (barangkali) ngidam buanget, maka ia jadi sakit. Anak terkecil biasanya dimanja, jadi ia memanfaatkan itu untuk ‘pengen bubur karo roti montor‘. Ayahnya langsung membelikannya, dan ia dengan cepat jadi sehat.

Pesan moral: makanlah sesuatu yang diidamkan, niscaya kesembuhan cepat datang. Ketika sakit tubuh perlu energi untuk sembuh; makanan biasa terlalu hambar; jadi belilah yang bener-bener diinginkan …

*Peringatan pemerintah: sate kambing out of topic bagi pengidap darah tinggi!

One thought on “Bubur & Roti Montor

  1. PAncen panganan nggawe wong waras ato tambah loro.KAsus iki karena papa gak kerso dhahar. Dadi terpaksa ditawani sing dilarang keras untuk dimakan. Lha koq ndilalah kerso (dasare doyan!!)DEmi dapat intake spy tubuh kuat terpaksa sate dipersembahkan.NAmun sayang berakhir di RS.Tapi doyanan Papa dhahar santen sing angel.Arep dkirimi bubuk kedele wae kali yo..bapak koncoku ‘ditipu’ santen kdele yo kerso wae.podho enake asal onthonge tetep dicemplungno..hehe..ide hebat kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s