Attitude


Apa yang paling berkesan ketika bekerja di lembaga riset? Ya “riset” itu sendiri, barangkali. Meski setiap orang pasti pernah melakukan riset (kecil ataupun besar), yang namanya riset di sebuah lembaga biasanya “kaya” akan birokrasi. Harus ada proposal, pengajuan dana, review, meeting, masalah antarpersonal dan aspek non-teknis yang kadang jauh lebih rumit dari risetnya sendiri. Rumit karena ada faktor manusia yang punya kepentingan dan sikap yang kontraproduktif. Simalakama: tanpa manusia, riset pun tak ada ..

logo_astar.jpg

Di lembaga riset tempat saya bekerja, meski ikatan antar kolega tidak dibina dengan baik, ada banyak hal yang bermanfaat, terutama jika kita ingin belajar. Inti dari lembaga riset ini didirikan adalah melatih pegawainya melakukan riset dan belajar hal baru. Tidak heran, hampir sebagian besar orang-orangnya tidak ngerti hard disk ketika masuk kantornya (termasuk saya). Tapi selama 1.6 tahun di sini, sedikit banyak pengetahuan mengenai HDD meningkat. Setidaknya cukup ngerti komponen-komponen hard disk drive. Lainnya, tentu lebih spesifik ke pekerjaan sehari-hari. Pekerjaan saya lebih dekat ke numerical simulation dan mechanical design. Generic fields, oleh karenanya saya bisa menggunakan kantor ini sebagai stepping stone.

Di hari-hari terakhir ini, ada satu hal yang saya pelajari. Ternyata “sikap bekerja” atau attitude memegang peranan penting dalam bekerja; utamanya di lembaga riset. Meski attitude sifatnya non-teknis, tapi hal ini sangat menentukan sampai sejauh mana kita bisa belajar, dan menentukan karir kita. Di manapun, sikap ini dikarakterisasi hal-hal berikut:

 

  • Keinginan untuk belajar hal-hal baru yang bermanfaat
  • Ask the right questions in order to have better understanding
  • Jangan ragu untuk segera hands-on
  • Bersikap terbuka terhadap ide dan gagasan
  • Jika tak menyukai suatu ide gunakan cara yang tepat untuk menyatakan ketidaksetujuan
  • Bersikap konstruktif terhadap tim; tujuannya: get things done!
  • Selalu merefleksikan setiap pekerjaan: am I doing the right thing, or am I doing the thing right … (proses dan hasil sama pentingnya)
  • Convince yourself, then you can convince others
  • Ketika mendapatkan masalah, think … think … think. Jangan terburu-buru bertanya atau mencari informasi lewat buku, internet. Di sini, proses berpikir ini mengasah ketajaman berpikir kita dan melatih kreativitas.
  • Motivasi diri sendiri untuk memberikan hasil terbaik.
  • Kaizen! Gunakan hari yang baru untuk meningkatkan kualitas skill kita. Harus ada achievement setiap harinya. Kecil tidak apa-apa, yang penting achievement.
  • Bersikap positif dan baik kepada semua orang; termasuk “musuh” dalam kantor. Bersikap frontal dalam menghadapi masalah seringkali membuat seseorang disalahpahami, bahkan sebelumnya cangkeme mengo sekalipun …
  • Help others, share with others. Dengan cara seperti ini, orang lain juga akan membantu kita ketika ada kesulitan. Kecuali orang ini sakit jiwa alias pelit dalam memberikan pertolongan. Orang dari negeri tertentu merasa bahwa mereka harus menyembunyikan pengetahuan mereka supaya tidak kesalip oleh juniornya. Apakah hal ini bermanfaat? Tidak sama sekali. Di satu sisi, ia mengharapkan orang lain akan mengagumi kemampuan dia, tapi yang terjadi adalah orang lain malah menganggapnya pelit ilmu dan segan membantunya jika ada problem. Orang seperti ini tidak lebih baik dari … nguk nguk … (kethek ta? hehe)
  • Bersikap perfectionist. Hal ini perlu dilakukan dalam tataran individual. Jika dihadapakan pada kerja tim, maka hal ini tidak produktif karena standard kesempurnaan setiap orang itu berbeda. Tapi bagi saya, kesempurnaan itu adalah goal di setiap harinya. Jika tidak tercapai hari ini, ya besok tho
  • Usaha dulu ngerjain sesuatu sebelum bilang “tidak bisa”. Kalaupun tidak bisa, harus diusahakan bisa menjelaskan “kenapa kok tidak bisa”.

Barangkali masih banyak yang bisa direfleksikan, tapi segini dulu deh… mau sahur! Semoga bermanfaat.

One thought on “Attitude

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s