29: “Menulis” Seseorang


Hari ini istri saya ulang tahun. Bingung mau ngado apa. Pas saya tanya dia juga bingung. Mungkin karena banyak keinginan tapi tahu kocek saya gak setebal balast (dudukan rel kereta).

Eh kok “kereta” lagi? Mungkin karena postingan sebelumnya barangkali ….

Kemarin dia langsung bilang: kadonya tulisan aja! (baca: esai). Wah, ini baru kado yang “mahal”. “Mahal” karena ide esai tidak bisa dibeli. Ide itu datang sekonyong-konyong. Dan supaya tidak terkesan “tukang” (baca: supaya dibilang seniman), ide mesti datang di waktu yang kurang tepat: ketika diceramahin bos, ketika melihat limpahan bill bulanan, ketika digencet penumpang bus (yang kekar dan punya gank), saat ditilang pak pulisi, saat membantu pengamen nyetem (tune in) gitar, saat ditabrak sepeda kumbang, saat duduk di toilet dan kehabisan tissue dan keran lagi macet (kebangetan kayaknya!) dan lainnya. Intinya: 50 + 50 = ce_pe (cape deh – bahasa gaul saat-saat ini?).

Tapi, demi istri, saya harus menulis. Dulu sering juga memberi kado tulisan, tapi ke orang lain. Menulis orang lain jauh lebih mudah dibanding menulis seorang terdekat. Karena “menulis orang lain” tidak punya konsekuensi logis yang berkepanjangan. Jadi nulisnya seperti nebak-nebak (ilmiah) aja (mirip psikolog lah). Kalau menulis seorang terdekat dan tulisannya meleset, bisa dapat sabda: Lho, kamu gak kenal aku ya?? Kamu gimana sih bertahun-tahun tapi tidak memperhatikan …. Bingung jawabnya. Mendingan ya tidak menulis. Takut diomelin he he.

Nah, hari ini saya harus menulis mengenai istri saya. Tapi mulai dari mana ya?

Ya dari belakang dong …. Dari 29 (umur dia sekarang!)

*Kepada teman-teman yang dulu pernah saya tulis: mohon jangan dibuang tulisan itu karena saya tidak bisa mengulang lagi :p

2 thoughts on “29: “Menulis” Seseorang

Leave a Reply

