Fitna: Alat Verifikasi


Film ini punya satu lagi fungsi: alat verifikasi. Canggih juga Si Wilders. Dia barangkali hanya ingin membuktikan bahwa orang Islam itu identik dengan kekerasan, terutama di developing countries, seperti Indonesia.

Lihat saja di Liputan6: HMI Sumut “…membakar ban, mendobrak gerbang, membakar bendera Belanda, melempari jendela dengan batu …”. Orang Islam marah, marah, marah. Wajarkah? Tidak. Buat apa marah? Kalau marah artinya pancingan Wilders berhasil: inilah wajah Islam yang sebenarnya, terlepas bahwa kemarahan itu adalah hasil dari persepsi diri yang terhina.

Dihina, diolok-olok itu biasa. Kalau dilihat isi film-nya, film ini asli kacangan, suatu cara murahan yang akan ditertawakan oleh umat Islam (bahkan non Islam) di Eropa. Cukup ditertawakan. Tidak usah marah. Kemudian lupakan. Demo boleh, dialog boleh, intinya: meminta pengertian pemerintah Belanda mengenai dampaknya. Kebebasan boleh berlaku di Belanda, tetapi jangan sampai membuat orang lain terhina.

Sebagai muslim, saya tidak merasa terhina dengan film kacangan ini. Jadi ya biasa saja.

Terus bagaimana dengan pandangan non-muslim mengenai film ini, terutama mereka yang hidup di Barat? Barangkali efeknya sama dengan efek 9/11: makin banyak orang mengkaji surah-surah di dalam Quran, dan berbalik memverifikasi “Benarkah Islam identik dengan kekerasan? Apakah banyak orang (bahkan kalangan muslim sendiri) salah interpretasi?”

Kayaknya lebih sakit hati ketika membaca Satanic Verses dulu …alasannya: karena selalu menghubung-hubungkan tokoh Mahomet di dalam buku itu dengan Muhammad SAW – kalau paradigmanya diganti, mungkin tidak akan sakit hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s