Do You Smoke?


Narita, 1 Oktober 2009, 9.30 pagi. Seorang pemuda memegang selembar kertas bertuliskan TMU lengkap dengan simbolnya, dan nama saya. Saya lalu melambai padanya. Dia langsung setengah membungkuk, sambil menyalami saya. Saya memperkenalkan diri.

Pemuda ini bekerja untuk WASSCO, sebuah agen perjalanan Jepang. Tugasnya menjemput saya, lalu mengarahkan saya ke loket airport limousine bus. Awalnya saya membeli tiket untuk jam 3 sore. Tapi kemudian saya menukarnya dengan yang jam 11.30, di loket bus yang lain. Pemuda ini saya minta untuk pulang saja, karena toh saya sudah beli tiket. Dia juga telah memberi tahu di mana letak pintu bisnya. Dia menolak. Dia mengatakan bahwa tugasnya tidak hanya menjemput saya. Tapi dia harus menunggu hingga saya naik bis dan berangkat ke tujuan. Jadi, supervisornya akan marah jika dia pergi sebelum saya naik bis.

Karena masih lama menunggu, saya pergi ke internet booth untuk cek email. Saya memasukkan koin 100 yen, dan saya bisa browsing 10 menit. Ada beberapa email masuk dan saya perlu membalas. Tiba-tiba ada orang di belakang saya. Ternyata pemuda ini. Dia bertanya: “What are you doing?” Saya mengatakan saya sedang menulis email untuk teman, membayar rekening telpon. Dia hanya mengangguk saja (seperti bergumam “Ah so desu” – Oh I see), sambil tersenyum.

Setelah selesai cek email, kami pun duduk dan minum kopi kalengan. Saya bertanya sudah lamakan dia bekerja untuk WASSCO. Dia bilang baru beberapa bulan saja. Saya tanya lagi, apakah dia suka pekerjaannya (pertanyaan bodoh barangkali, tapi ini kan basa basi). Dia bilang iya dia menyukai pekerjaannya. Tiba-tiba dia bertanya balik: “Do you smoke?” Saya bilang saya sudah berhenti sekitar dua tahun lalu. Dia perokok, tapi dia bilang dia tidak boleh merokok selama bekerja. Dia hanya dibolehkan merokok ketika istirahat makan siang.

Leave a Reply

