Dua Pemandu


Tingkatan bahasa Jepang saya barangkali dikategorikan pra-taman kanak-kanak. Universitas lalu menunjuk satu profesor muda dan satu tutor yang bertugas membimbing saya selama di Jepang. Profesor muda yang mendampingi saya berumur 1 tahun lebih tua dari saya (ini artinya saya termasuk mahasiswa yang cukup tua). Sedangkan tutor yang mendampingi saya ini sedang menyelesaikan tugas akhir atau skripsi S1. Tutor saya ini digaji 16000 yen per bulan.

Tugas profesor muda adalah mengurusi apartemen, registrasi untuk kartu penduduk luar (ini akan diceritakan lebih detil di artikel selanjutnya), keimigrasian, memperkenalkan tradisi dan kebudayaan Jepang (seperti memperkenalkan ke seluruh tetangga di apartemen – jumlahnya sembilan), mengantar berbelanja keperluan rumah, mengurus langganan internet hingga membawakan barang belanjaan yang cukup banyak.

Tugas tutor adalah mengantar saya keliling kampus, memperkenalkan sistem kampus, mendampingi saya ke kantor pos, bertemu staf administrasi universitas, makan siang, hingga memperbaiki sepeda dan mencarikan handphone buat saya.

Meski sang tutor berkali-kali mengatakan bahwa bahasa Inggrisnya jelek sekali, dia tetap berusaha merangkai kalimat dalam bahasa Jepang. Dia lalu meminjam kamus elektronik untuk membantunya menerjemahkan dari bahasa Jepang ke bahasa Inggris. 

Catatan:

Mereka melaksanakan tugas-tugasnya dengan sungguh-sungguh. Mereka membuat catatan kecil dan bergumam sendiri bahwa ini tugas-tugas yang harus dia selesaikan untuk saya. Dedikasinya sangat tinggi, dan tidak melihat besar kecilnya pekerjaan. Tapi melihat bahwa seseorang wajib melaksanakan apa yang ditugaskan hingga selesai. Di samping itu juga bahwa perilaku mereka sangat sopan, berbicara dengan nada yang ramah, sabar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s