Iklan


Ceritanya hari itu saya menjadi sutradara iklan. Ini cuplikannya.

Seorang lelaki sedang jalan-jalan bersama keluarganya – istri, dua anak dan mertuanya –  ke pegunungan. Namun wajahnya lesu, tak bergairah. Padahal udara yang segar dan pemandangan yang indah seharusnya menceriakan hatinya. Tapi lelaki itu tetap loyo.

Lalu seseorang menghampirinya, dan menyodorkan minuman botolan. Ketika ditenggaknya … glug glug glug … wajahnya berubah total: matanya berbinar lebar (hampir mau loncat malahan), wajahnya cerah, badannya segar dan bernafsu sekali. Apa yang terjadi? Lelaki ini melihat perempuan cantik dan seksi di kejauhan. Perempuan ini melambai padanya, lalu mengailkan jarinya, mengajak lelaki ini supaya mendekat. Lelaki ini meneteskan air liurnya. Banjir. 

Istri, anak-anak, bahkan mertuanya terheran-heran.

Istri gupuh, cepat-cepat bertanya, “Mas, lha opo’o sampeyan mau kok loyo, lesu ora semangat; lha kok moro-moro dhadhi cek semuaaangaate, nafsu pol rasa-rasane … ??” (Mas, lho kenapa kamu tadi loyo, lesu tidak bersemangat; lah kok tiba-tiba jadi semangat banget, nafsu banget rasa-rasanya … ??) 

Suami dengan wajah berbinarnya menjawab, “Wah sepurone dik … sampeyan gak ndelok cewek iku tha, ning kadohan? Cewek iku ayu pol! De’e ngajak aku mrono … !! Gak iso mbayangno aku lek aku iso indehoi karo cewek iku … !” (Wah maaf dik … kamu gak lihat cewek itu ya, di kejauhan? Cewek itu cantik banget! Dia ngajak aku ke sana … !! Gak bisa mbayangin aku kalo bisa indehoi sama cewek itu …!) 

Istrinya bingung: “Hah? Cewek? Gak salah ta sampeyan … Wong sing nang kadohan iku sapi kok … ” (Hah? Cewek? Gak salah ya kamu … wong yang di kejauhan itu sapi kok … )

Cut!

***

Ya demikianlah mimpi saya tadi malam: mimpi menjadi sutradara! Tuti gak berhenti-berhenti ngakak waktu diceritain ulang.  

One thought on “Iklan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s