Bengawan Solo


Siapakah yang tak kenal lagu Bengawan Solo ciptaan almarhum Gesang?

Bengawan Solo, riwayatmu ini
Sedari dulu jadi perhatian insani
Musim kemarau, tak seberapa airmu
Di musim hujan air meluap sampai jauh
Mata airmu dari Solo
Terkurung gunung seribu
Air mengalir sampai jauh
Akhirnya ke laut
Itu perahu, riwayatmu dulu
Kaum pedagang selalu
Naik itu perahu

Lagu Bengawan Solo diciptakan Gesang Martohartono tahun 1940. Lirik dan musiknya sederhana. Lagu ini menceritakan keindahan sungai Bengawan Solo yang membelah Jawa Timur dan Tengah. Irama keroncong – sebuah genre campuran Jawa dan Portugis – menghiasi lagu ini. Di Indonesia, lagu ini sangat masyhur

Gesang (1 Oktober 1917 – 20 Mei 2010) tidak belajar musik secara formal. Dia belajar musik dengan mendengar dan mengikuti pertunjukan musik. Konon, dia juga tidak dapat membaca not musik. Setelah usaha batik ayahnya terbakar, keuangan keluarganya sangat minim. Ia membantu mencari nafkah dengan bermain musik di pesta kecil dan radio.

Gesang bercerita, “Saya bermimpi ketika kecil tentang menulis sebuah lagu yang memuja keabadian sungai Solo.” (Asian Economic Reviews, 1999). Bengawan Solo diciptakan ‘hanya’ dengan seruling bambu.

Lagu itu menjadi terkenal setelah dua stasiun radio lokal menyiarkannya pada 1940. Lagu itu makin terkenal sewaktu jaman pendudukan Jepang di Indonesia tahun 1942 – 1945. Tentara Jepang dan tahanan Belanda menyukai lagu ini dan membawanya ke negara lain, termasuk Singapura.

Di Jepang, lagu ini digubah ke dalam bahasa Jepang oleh Toshi Matsuda pada 1947. Di Singapura, ia semakin terkenal ketika dinyanyikan oleh Frances Yip, seorang biduan Hongkong. Dalam film In the Mood for Love (2000) karya Wong Kar Wai, lagu ini melantun sayup-sayup.

*Berita Harian Singapura, 28 Februari 2008

One thought on “Bengawan Solo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s