Majapahit: Prelude


Karena nganggur pasca-sidang saya menyibukkan diri membaca beberapa buku. Pertama, Gajah Mada karangan Langit Kresna Hariadi. Sementara ini baru membaca buku pertamanya. Nanti dilanjutkan buku ke-2 sampai ke-5 (jika kuat).

gajah-mada-1

Sebelum membaca buku itu, saya sebenarnya ingin mencari tahu biografi mahapatih yang paling terkenal di Indonesia itu. Masa lalunya memang obscure atau samar. Karena itu saya membaca buku kedua, A History of Modern Indonesia Since C. 1200 karangan MC Ricklefs. Buku itu juga mengatakan bahwa sosok Gajah Mada terutama asal usulnya memang tidak diketahui. Buku Ricklefs cukup mengagumkan sebenarnya karena ia memiliki sumber yang jelas. Jika sumber tidak ada, ia tidak berpanjang-panjang menjelaskan. Karena buku itu buku kuliah.

rick

Sulitnya, buku Gajah Mada karangan LK Hariadi itu merupakan percampuran antara fiksi dan non-fiksi. Mana yang fakta, mitos atau rekaan jadi tidak diketahui. Buku itu tujuannya memang untuk menghibur pembaca dengan cerita sejarah. Untuk pembaca yang serius, agaknya berbagai keterangan harus diperiksa ulang. Cuma saya memang terserap dengan cerita Gajah Mada. Sosok Gajah Mada digambarkan sebagai seorang bekel (semacam komandan pasukan kecil) yang serius, lugas (tanpa basa basi), intelek, strategik, lurus. Ada keinginan juga untuk menuliskan biografi Gajah Mada secara lebih mendalam dengan sumber-sumber yang lebih jelas. Yah, suatu hari nanti … alasannya sederhana. Majapahit adalah kerajaan terbesar di Asia Tenggara sebelum kedatangan Islam, dan wilayah kekuasaannya jauh lebih besar dari Indonesia masa kini. Salah satu penyebab besarnya wilayah kekuasaan Majapahit adalah keinginan kuat Gajah Mada untuk menyatukan seluruh kepulauan Nusantara.

Buku, atau lebih tepatnya artikel, ketiga yang saya baca adalah tentang Hayam Wuruk. Hayam Wuruk adalah raja Majapahit yang terkenal. Jaman SD saya sudah mendapat keterangan dari guru bahwa jaman keemasan Majahit mencapai puncaknya ketika dipimpin oleh Hayam Wuruk, dan mahapatih ketika itu Gajah Mada. Ada satu makalah pendek yang menyebutkan bahwa Hayam Wuruk sempat selama dua bulan berkelana mengelilingi Jawa Timur untuk rekreasi dan melihat-lihat wilayah kekuasaannya. Salah satu obyek wisata yang dikunjunginya adalah Tanjung Papuma di Jember. Hayam Wuruk juga melewati Bondowoso, dan melewati belantara Jati di dekat pemandian Tasnan. (Link: http://www.iias.nl/nl/39/IIAS_NL39_17.pdf )

2 thoughts on “Majapahit: Prelude

    • Dalam Kitab Pararaton, kebetulan gak ono keterangan batas-batas wilayah Nusantara.

      Sumpah yang dikenal dg nama Sumpah Palapa sing diucapkan Gajah Mada iku merupakan ambisinya untuk menaklukkan sejumlah wilayah nusantara, yaitu Gurun (?), Seran (Pulau Seram, NTT), Tañjung Pura (Kalimantan Barat), Haru (?), Pahang (Malaysia), Dompo (?), Bali, Sunda, Palembang, Tumasik (Singapura) …

      Tapi Negarakretagama, menuliskan wilayah kekuasaan Majapahit:

      Sumatera: Jambi, Palembang, Toba dan Darmasraya, Kandis, Kahwa, Minangkabau, Siak, Rokan, Kampar, Pane, Kampe, Haru, Mandailing, Temihang, Perlak, Padang, Lwas, Samodra, Lamuri, Batan, Lampung, Barus.

      Kalimantan: Tanjung negara, Kapuas-Katingan, Sampit, Kota Lingga, Kota Waringin, Sambas, Lawai, Kandangan, Landa Samadang, Tirem, Sedu, Barune (ng), Kalka, Saludung, Solot, Pasir, Barito, Sawaku, Tabalung, Tanjung Kutei, Malano, Tanjung Pura.

      Malaysia: Pahang, Langkasuka, Saimwang, Kelantan, Trengganu, Johor, Paka, Muar, Dungun, Tumasik, Kelang, Kedah, Jerai, Kanjapiniran.

      Timurnya Jawa: Bali, Badahulu, Lo Gajah, Gurun, Sukun, Taliwang, Pulau Sapi, Dompo, Sang Hyang Api, Bima, Seran, Hutan Kendali, Pulau Gurun (Lombok Merah), Sasak, Bantayan (Kota Luwuk), Udamakatraya, dan pulau-pulau lainnya.

      Timurnya Jawa yang lain: Makasar, Buton, Banggawi, Kunir, Galian, Selayar, Sumba, Solot, Muar, Wanda (n), Ambon, Maluku, Wanin, Seran, Timor, dan beberapa pulau-pulau lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s