Sidang 2


Ini lanjutan cerita Sidang pada 26 Desember 2012 lalu. Ceritanya, hari ini adalah PhD defense (sidang) kedua dan terakhir. Sidang ini sidang terbuka – di sini disebutnya public hearing. Semua orang boleh nonton dan mengajukan pertanyaan.

Sidang dilakukan pada 23 Januari (sesuai kesepakatan yang dibuat pada 26 Desember) pukul 17:00. Ruangannya di 2-401. Cukup besar juga, dapat menampung lebih dari 50 orang. Tapi yang datang tidak banyak, hanya 20-25 orang. Minuman yang disediakan di meja belakang hanya sebagian yang diambil, jadi tidak lebih dari 30 orang yang datang.

Setelah membagikan fotokopi slide kepada para dosen, pembimbing membuka sidang. 1 menit saja. Selanjutnya, saya presentasi selama 46 menit. Hampir tepat waktu, karena dijadwalkan hanya boleh ngomong selama 45 menit. Bisa dibayangkan betapa banyak slide yang akhirnya harus disembunyikan, atau dibuang ke bagian ‘backup’.

Setelah selesai presentasi, sesi tanya-jawab dimulai. Pertanyaan diajukan oleh para examiner secara bergiliran (total empat penguji) dan ada satu peserta (kebetulan teman sendiri yang jadi dosen di lab) yang bertanya. Rasanya pertanyaan dapat dijawab dengan baik, meski kadang mesti agak lama mengingat-ngingat angka. Karena ada juga yang sangat detil bertanyanya. Misal, itu jenis carbon fiber apa? Berapa jumlah fiber di setiap bundle? Gila, ini ngetes apa tanya beneran. Tapi setelah mengingat-ingat, akhirnya jawabannya keluar juga: T300, jumlah fiber 3000 fiber. Pada dasarnya, sidang ke-2 ini ditujukan untuk memeriksa apakah kita bisa menjawab saran atau pertanyaan yang dulunya tidak terjawab di sidang pertama. Semua tugas/pertanyaan pada sidang pertama harus terpenuhi, itu resepnya.

Sidang diakhiri pada 18:30, meskipun masih ada yang ingin bertanya lagi. Tapi pembimbing saya udah keburu aja pengen udahan. Setelah istirahat 5 menit, mereka akan meeting lagi selama 20-30 menit untuk membicarakan bagaimana hasil sidang pertama dan kedua. Jika dirasakan OK, maka mudah-mudahan dapat diluluskan. Setelah kelulusan itu, bakal ada voting lagi. Enam puluh profesor akan hadir pada 21 Februari dan mendengarkan hasil penilaian para pembimbing hari ini. Setelah mereka mendengar hasil penilaian, mereka menuliskan sesuatu (LULUS atau TIDAK LULUS) di secarik kertas dan keputusan pemberian gelar PhD didasarkan hasil voting. Begitu kira-kira mekanismenya.

Yah, tidak ada yang tahu saya lulus atau tidak. Tapi bersyukur sekali hari ini dapat dilewati dengan lancar. Berkat doa banyak orang lagi kayaknya🙂

Sidang2

One thought on “Sidang 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s